Posted by: nadton hermawan
nadton hermawan, Updated at: Jumat, Agustus 16, 2013
Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran
multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini adalah
menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak
masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi.
Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk
belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi dengan nama Lomba Mobile Edukasi 2013. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi dengan nama Lomba Mobile Edukasi 2013. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.
TUJUAN
Lomba Mobile Edukasi 2013 bertujuan untuk:
SASARAN- Memotivasi masyarakat untukmengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
- Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis
- TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Memperkaya konten pendidikan di internet.
Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang.
PENDAFTARAN
Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia.
Persyaratan Peserta :
- Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu :
- Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (perbulan Oktober masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
- Kategori Umum : mahasiswa, guru, atau masyarakat umum
- Karakteristik Peserta
- Bersifat perorangan
- Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
- Karya berupa program Aplikasi Handphone untuk Pembelajaran Mandiri
- Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan
- Aplikasi boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya)
- Didalam program mencantumkan tema (judul), tema bebas baik dari sisi mata pelajaran maupun jenjang.
- Tema tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.net
- Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa
- Peserta yang masuk final 30 besar, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi
- Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara di tingkat nasional
- Karya yang masuk nominasi 50 besar dalam lomba Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan berhak mempublikasikan untuk kepentingan pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar anda membantu blog ini agar lebih baik lagi!