20 April 2012

958 Pengaduan UN Masuk ke Kemdikbud

Posted by naton On Jumat, April 20, 2012
Posted by: nadton hermawan nadton hermawan, Updated at: Jumat, April 20, 2012

un keerom 2012
Jakarta -- Ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK selesai , Kamis (19/04). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan UN kepada masyarakat melalui koferensi pers yang digelar di gedung C Kemdikbud, Kamis siang. Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemdikbud, Ibnu Hamad, menyampaikan, terdapat 837 laporan pengaduan yang masuk ke posko UN sejak tanggal 13 April hingga siang hari ini.
Dari 837 laporan tersebut, kata Ibnu, 107 diantaranya adalah permintaan informasi, 407 merupakan pengaduan, dan 323 lainnya adalah pemberian masukan. “Semuanya merupakan laporan dari posko yang dikelola oleh PIH melalui call center, sms, telpon, e-mail, dan fax,” kata Ibnu. Sedangkan dari posko Inspektorat Jenderal terhimpun 121 laporan pengaduan yang berisi 6 laporan isu kebocoran, 2 laporan soal rusak, 9 laporan kecurangan, 1 laporan soal tertukar, 8 laporan kekurangan soal, dan sisanya hanya bersifat informasi.
Dari total pengaduan sebanyak 958 laporan, Inspektur Jenderal Kemdikbud, Haryono Umar, menyampaikan, pihaknya telah menindaklanjuti isu kebocoran di enam lokasi, yaitu, Tangerang Selatan, Provinsi Bengkulu, Lampung Utara, Kabupaten Garut, Kabupaten Jombang, dan Provinsi Jambi. Tim lapangan, tambah Haryono, langsung mendatangi dinas provinsi, kabupaten, perguruan tinggi, sekretariat panitia UN, dan kepolisian. Hasil dari penelusuran, dan pencarian dokumen, diketahui bahwa bukan isu kebocoran yang didapatkan. “Itu bukan isu kebocoran, tapi motif penipuan,” ujar Haryono.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan, persoalan teknis selama UN, seperti kekurangan soal dan soal tertukar, bisa diatasi dengan baik. Ada dua prinsip yang harus diperhatikan jika menemui persoalan soal tertukar, yaitu kerahasiaan harus tetap terjaga dan siswa tidak dirugikan. Untuk itu, panitia boleh untuk menggandakan soal dengan pengamanan ketat. “Setiap penggandaan harus ada berita acaranya,” tutur Khairil.
Masalah teknis lainnya berupa permohonan bantuan dari peserta UN yang lupa mengisi kode soal. Untuk masalah tersebut, BSNP sudah berkoordinasi dengan panitia dan sekolah untuk mencatat kembali kode soal siswa. “Siswa jangan sampai dirugikan hanya karena masalah administrasi,” tandas Khairil. (AR)

 Posko Ujian Nasional (UN) 2012
Posko Ujian Nasional (UN) 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Untuk informasi dan pengaduan seputar UN, masyarakat dapat menghubungi :
Posko UN Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH)
Call center
:
177
Telepon
:
021 5703303
Nomor fax
:
021 5733125
SMS
:
0811976929
Email
:
Jadwal Posko
:
13 - 27 April 2012, Pukul 06.00 - 16.00 WIB
Koordinator
:
Srie Indriyani, 08129423911

Posko UN BNSP / Puspendik
Telepon
:
021 3853000
FAX
:
021 3849451
SMS
:
082260080500
Email
:

Posko UN Inspektorat Jenderal
Telepon / Fax
:
021 5736943
SMS
:
08569008003
Email
:
Website
:

sumber. www.kemendikbud.go.id













0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membantu blog ini agar lebih baik lagi!

Blogger news

About

twitterfacebookgoogle plusemail