25 Mei 2013

TRIMS TERBARU (S13 DAPODIK)

Posted by naton On Sabtu, Mei 25, 2013
Posted by: nadton hermawan nadton hermawan, Updated at: Sabtu, Mei 25, 2013
Sekilas tentang TRIMS

Program TRIMS (Tool for Reporting and Information Management by Schools) dikembangkan melalui Program Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) yang merupakan kemitraan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Bank Dunia, dengan pendanaan dari Pemerintah Kerajaan Belanda dan Uni Eropa.
trims s13

TRIMS (Tool for Reporting and Information Management by Schools) adalah aplikasi sederhana tetapi informatif berbasis Microsoft Excel untuk membantu sekolah dalam mengelola data dan informasi serta pelaporan guna mendukung implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Aplikasi ini secara otomatis menghasilkan informasi profil dan kinerja sekolah yang bermanfaat untuk proses perencanaan, melakukan pengawasan dan membuat keputusan secara partisipatif dan terinformasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
Anda diharapkan untuk memasukkan data sekolah ke aplikasi TRIMS pada setiap semester. Semua sekolah diharapkan untuk mengisi data sekolah ke aplikasi TRIMS pada periode yang sama sehingga agregasi pada tingkat kabupaten/kota bisa dilakukan.
Hasil keluaran data dan informasi dari aplikasi TRIMS dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan berikut ini:
·       Mengidentifikasi apa yang dimiliki dan tidak dimiliki sekolah untuk evaluasi diri sekolah.
·       Mengukur capaian indikator-indikator dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM) di sekolah.Sebagai bahan informasi untuk penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan atau Rencana Kerja Tahunan (RKT).
·       Sebagai alat untuk memonitor kemajuan sekolah.
·       Sebagai bahan untuk menginformasikan keadaan sekolah ke Komite Sekolah.
·       Sebagai bahan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tepat.
·       Sebagai bahan dalam diskusi antar staf di lingkungan sekolah.
·       Merespon dan mengkomunikasikan informasi yang relevan ke dinas pendidikan dan pihak terkait lainnya, seperti manajemen BOS.
·       Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.
·       Mengukur kualitas kinerja sekolah.
·       Menyusun profil sekolah yang dapat terus diperbarui.
·       Mencoba berbagai skenario, misal untuk menjawab pertanyaan ”apa yang akan terjadi dengan jumlah guru dan besar rombel (rombongan belajar) jika kita menaikkan jumlah siswa sebesar 5%?”
·       
·       Indikator-indikator dalam aplikasi ini didasarkan pada definisi dan prosedur internasional, agar dapat membandingkan keadaan sekolah anda dengan negara-negara lain berdasarkan standar internasional. Aplikasi ini dapat dianggap sebagai sebuah kalkulator, anda bisa memasukkan data yang mana saja, tanpa mengikuti urutan tertentu. Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi ini sesuai kebutuhan anda, baik memasukkan data ke sel atau pun mencoba melihat hasil dari pengolahan data TRIMS. Silahkan masukkan data apapun agar anda bisa melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Bila anda telah merasa nyaman menggunakan aplikasi ini silahkan menggunakan data yang sebenarnya.
·       Setelah memasukkan semua data ke dalam aplikasi TRIMS, anda bisa mencetak laporan analisis yang terbagi menjadi 2 kelompok utama. Kelompok pertama adalah data yang Anda input yang mencakup:
·       Jumlah siswa (berdasarkan jenis kelamin, kelas, tidak naik kelas, pindah masuk, dan kelompok umur).
·       Guru (tanggal lahir, posisi, pendidikan terakhir, status kepegawaian,
·       mata pelajaran yang diajar, status sertifikasi, tanggal mulai kerja, masa kerja, beban mengajar, beban tugas tambahan).
·       Tenaga pendidikan non guru (tanggal lahir, posisi, kualifikasi, status kepegawaian, tanggal mulai kerja, masa kerja).
·       Sumber daya (buku teks, alat bantu belajar sains, perpustakaan).
·       Sarana dan prasarana (laboratorium, air bersih, sanitasi, listrik, ruang kelas, mebeler).
·       Peralatan (komputer dan akses internet).
·       Sumber daya keuangan (pemasukan dan pengeluaran).
·       Kinerja (nilai rata-rata ujian per kelas, nilai ujian nasional, ranking sekolah, akreditasi, paedagogi, hasil penilaian).
·       Efisiensi (siswa putus sekolah, tinggal kelas, absen).
·       Data SPM terkait sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, penjaminan mutu dan manajemen sekolah.
·       Kelompok kedua adalah berbagai indikator yang merupakan hasil pemprosesan otomatis oleh aplikasi TRIMS atas data yang Anda masukkan dan beberapa diantaranya ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik .

Yang Baru di Trims S13 Dapodik


TRIMS s13 Dapodik adalah Aplikasi TRIMS sekolah versi 13 (s13) yang sudah dilengkapi dengan fasilitas impor data dapodik. Dengan demikian, bagi sekolah yang sudah mengisi data aplikasi pendataan dikdas (dapodik) bisa mengunakan TRIMS untuk alat analisis dan pelaporan indikator indikator pendidikan yang diperlukan untuk membuat perencanaan sekolah. Apabila sekolah juga ingin mengetahui capaian SPM dan data keuangan sekolah, maka sekolah hanya perlu menginput data terkait SPM yang tidak tersedia di dapodik.
Add caption
 Silahkan Unduh Trims s13 disini

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.. maafmau tanya,,, jika sudah S13 untuk login PTK apakan memakai pasword yang dulu atau yang baru ?? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. S013 adalah verval dinas kab karena ada perubahan data, kalau untuk login gunakan s02 bila tidak merubah sandi yan diberikan oleh system

      Hapus

Komentar anda membantu blog ini agar lebih baik lagi!

Blogger news

About

twitterfacebookgoogle plusemail