08 Maret 2014

Olimpiade Sains Nasional 2014 Jenjang SMP/MTs

Posted by naton On Sabtu, Maret 08, 2014
Posted by: nadton hermawan nadton hermawan, Updated at: Sabtu, Maret 08, 2014

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus untuk menuntaskan wajib belajar yang bermutu. OSN yang dimulai sejak tahun 2003, merupakan ajang untuk mencari peserta didik berprestasi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu untuk mewadahi potensi peserta didik di bidang ilmu-ilmu sosial, maka mulai tahun 2010 dilombakan juga bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Pada tahun 2004, Indonesia mensponsori lahirnya International Junior Science Olympiad (IJSO), yang diselenggarakan di Jakarta. IJSO menjadi kegiatan tahunan yang diselenggarakan di berbagai negara dengan jumlah perserta yang terus meningkat. Pencapaian prestasi Indonesia pada ajang IJSO cukup baik tetapi perlu ditingkatkan. Oleh karena itu peserta didik pada jenjang SMP perlu dimotivasi untuk menyukai mata pelajaran yang dilombakan, sehingga diharapkan dapat tumbuh bibit yang baik untuk diikutsertakan dalam kegiatan olimpiade tersebut.

Dalam kerangka itulah maka kegitan OSN diselenggarakan, selain untuk meningkatkan perstasi di bidang IPA, Matematika, IPS, OSN juga di fungsikan sebagai feeder untuk lomba – lomba Internasional. Peraih medali bidang fisika dan Biologi, berkesempatan menjadi calon peserta IJSO, sedangkan peraih medali bidang Matematika berkesemptan menjadi calon peserta Olimpiade Matematika Internasional.

Pada tahun 2013 Indonesia pertama kali mengikutsertakan pemenang OSN bidang IPS pada National Geographic World Championship (NGWC) di Rusia. Kegiatan NGWC diadakan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun yang sama Indonesia berpartisipasi pada International Astronomical Olympiad (IAO) di Lithuania. Agar penyelenggaran OSN dapat diselenggarakan dengan baik, maka buku panduan ini sebagai pedoman bagi para penyelenggara.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, pada 15-21 Mei 2014. Ada empat bidang lomba yang digelar yaitu Matematika, Biologi, Fisika, dan IPS.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda membantu blog ini agar lebih baik lagi!

Blogger news

About

twitterfacebookgoogle plusemail